EMBUNG KECIL DESA KEBONMANGGU BERNILAI JUAL DI BIDANG PARIWISATA

Pemerintah pusat melalui program Kementrian Pedesaan (Kemendes) melaksanakan program pembangunan Embung air diwilayah Kampung Padaraang RT 2/RW 12 Desa Kebon Manggu Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi – Jawa Barat.

Embung air berukuran panjang 36 meter dan lebar 30 meter dengan anggaran pembangunan sebesar 275 juta telah rampung, Masyarakat  Kebon Manggu mayoritas bermata pencaharian sebagai Petani, nantinya Embung ini akan mengairi seluas 20 hektar area pesawahan.

Tidak hanya sebagai sarana penunjang pertanian, Embung di Desa Kebon Manggu dibuat bernuansa keindahan, diharapkan nantinya Embung ini mempunyai nilai jual dibidang Pariwisata.

Terlebih letak Embung berdekatan dengan objek wisata Karang Para dan hal ini diharapkan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung objek wisata Karang Para.

Kepala Desa Kebon Manggu Rasnita mengungkapkan, “Alhamdulillah dengan adanya program ini masyarakat desa sangat terbantu. Masyarakat petani bisa mengolah ladang pesawahannya secara maksimal tidak terhambat oleh kekurangan air terutama dimusim kemarau, diharapkan bila musim panen tiba, warga bisa merasakan hasil tanam secara utuh dengan harga jual stabil serta mendapatkan hasil panen cukup baik tidak sampai merugi,” ucap Rasnita.

“Semoga dengan Embung ini bisa menambah perekonomian warga desa dari segi Pertanian maupun dalam hal pengembangan wisata alam lain, selain bekunjung ke wisata alam Karang Para,” pungkasnya.(*)

Kunjungan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten sukabumi Bapak H. ADE SETIAWAN, S.IP (*)

About kebonmanggu 37 Articles
DADAN IRAWAN

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan