Pesona Keindahan Destinasi Wisata Alam Karang Para

Desa Wisata Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh

Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat

 

Informasi Umum

kebonmanggu.desa.id – PEMDES KEBONMANGGU. Perbukitan Berbaris Dan Alam nan Asri menjadikan Sukabumi sebagai Destinasi Favorit bagi para pelancong, khususnya mereka mencintai alam. Banyak spot dan trek mantap untuk menikmati keindahan alam di sini. Sebut saja, Karang Para. Di objek wisata yang baru nge-hits ini terdapat berbagai Batu Karang menyerupai beragam bentuk seperti Masjid, Hiu, Para (Atap), Goa, dan lainnya. Lokasinya yakni di Kampung Padaraang, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

 

Keberadaan objek wisata Karang Para, menjadi lahan subur untuk pengembangan perekonomian warga sekitar. Objek wisata bebatuan/karang dengan desain menarik ini, menjadi tujuan para pelancong dari Sukabumi maupun luar Sukabumi. Sehingga hampir setiap harinya, objek wisata tersebut diburu oleh ratusan bahkan ribuan pengunjung, terutama hari Sabtu dan hari libur.

 

Pengembangan Kawasan Wisata Sukabumi terus dilakukan, tidak hanya Wisata Alam, Pengembangan Objek Wisata Rekreasi hingga olah raga pun menjadi fokus pembangunan Pemkab Sukabumi.

Salahsatunya adalah Pesona Keindahan Destinasi Wisata Alam Karang Para yang berada tidak jauh dari pusat Kota Sukabumi tepatnya berada di Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh.

 

Selain wisata unggulan bebatuan serta Puncak perbukitan dengan pemandanagan alam yang mengagumkan kali ini terdapat wahana sekaligus sarana pegiat olah raga motocross dengan dibangunnya Sirkuit Karang Para.

Lokasi

Keberadaan Pesona Keindahan Destinasi Wisata Alam Karang Para di Padaarang Kampung Kebon Pala RT 01/11 Desa Kebonmanggu Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Sukabumi yang hanya sekitar 10 kilometer dengan sarana akses jalan yang sudah baik, menjadi tujuan baru bagi para pecinta Wisata Alam baik dari dalam maupun luar Sukabumi.

Daya Tarik

Di lokasi wisata itu tersaji panorama alam alami dan suasana pedesaan. Selain itu, terhampar bebatuan karang yang menyerupai masjid, hiu, para (atap), goa dan lainnya. Selain itu, objek wisata seluas 12 hektare, selain ragam karang, dalam pengembangannya pengelo membuat berbagai wahana jembatan hati, jembatan antar karang untuk berfoto (selfie) di jembatan tersebut, ada juga wahana baru Sepeda Terbang dan Sajadah Terbang sebagai olahraga menguji adrenalin pengunjung.

SUASANA ALAM KARANG PARA
SPOT SELFI DESTINASI WISATA ALAM KARANG PARA

“Objek wisata yang berada di Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh ini memang belum lama dikenal, tetapi ternyata banyak wisatawan dari dalam dan luar Sukabumi yang datang ke sini untuk melepas penat dan menghabiskan waktu liburan”.

 

Selain Wahana yang ada di Karang Para kegitan yang sifatnya Seni Budaya Tradisi diadakan satu bulan sekali diantaranya Pecak Silat, Ketangkasan Domba yang di ikuti berbagai daerah di Kota/KabupatenSukabumi dan di wilayah Jawa Barat (Bandung, Garut, Sumedang), dll.

Tempat wisata yang baru beroperasi tahun 2017 ini menampilkan keindahan alam berupa bebatuan gunung karang, rumput ilalang, dan pemandangan wilayah Kota Sukabumi dari atas puncak gunung.Didalam perjalanan menuju puncak gunung, pengunjung akan merasakan adrenalin yang sedikit diuji karena jalannya yang berbatu dan berbelok. Di kiri dan kanan jalan, ada pemandangan pepohonan dan kebun warga.

Fasilitas

Pesona Keindahan Destinasi Wisata Alam Karang Para di Sukabumi Jawa Barat bisa dibilang sebuah wisata alam yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

  • Area Parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar Mandi atau MCK
  • Penginapan atau Home Stay
  • Aula Serbaguna
  • Gazebo
  • Sirkuit Grass Track
  • Warung Pujasera
  • Wahana Bermain Anak
  • Wahana Sepeda Terbang
  • Wahana Sajadah Terbang
  • Spot Photo Selfie Jembatan Hati
  • Spot Photo Selfie Jembatan Cinta
  • Spot Photo Selfie di Karang
  • Spot Photo Selfie Keindahan Alam
  • Permainan Tradisional Enggrang
  • Embung atau Danau
  • Wahana Adrenalin Motor ATV

SIRKUIT KARANG PARA KEJUARAAN  GRASSTRACK SERI 2

SUASANA ALAM DESA KEBONMANGGU

Lokasi Pesona Keindahan Destinasi Wisata Desa berada di Area Milik Desa itu merupakan salah satu Sumber Pendapatan Desa. Pesona Keindahan Destinasi Wisata Desa ini merupakan upaya untuk meningkatkan dan mendongkrak kesejahteraan warga sekitar.

“Kehadiran Karang Para diharapkan dapat memicu meningkatnya kesejahteraan warga. Tidak hanya warga sekitar, tapi dapat berimbas meningkatnya perekonomian warga di Kebonmanggu.

 

DESTINASI WISATA ALAM KARANG PARA KEBONMANGGU GUNUNGGURUH SUKABUMI

 

About kebonmanggu 17 Articles
DADAN IRAWAN

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan