LOMBA DESA WISATA NUSANTARA 2019 : Kunjungan Tim Verifikator Kemendesa PDTT ke Desa Wisata Kebonmanggu (Destinasi Wisata Alam Karang Para) Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi

Kebonmanggu.desa.id-Kamis, 10/10/2019 Menindaklanjuti Pengumuman Lomba Wisata Nusantara Tahun 2019, TIM Verifikator Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengunjungi Wisata Alam Karang Para Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.

Tim Verifikator Kemendesa PDTT

Dalam rangka verifikasi Nominator Lomba Desa Wisata Nusantara 2019, Tim Kemendesa PDTT didampingi oleh DPMD Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas PMD Kabupaten Sukabumi, Pemerintah Kecamatan Gunungguruh, Tim Pendamping Desa P3MD, Tim Pelaksana Inovasi Desa dan Muspika lainnya.

Dalam Rangka Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2019 peserta lomba yang telah terdaftar berjumlah 158 Desa dari 90 Kabupaten dan 25 Provinsi. Selanjutnya setelah dilakukan seleksi administrasi melalui video dan dokumen, maka hasil  seleksi ditetapkan 28 Desa dari 26 Kabupaten dan 12 Provinsi yang akan mengikuti seleksi ke tahap selanjutnya.

Paparan Kepala Desa Kebonmanggu

Menurut Rasnita Diharja yang kini menjabat sebagai Kepala Desa Kebonmanggu, Pengembangan tempat Wisata Alam Karang Para tentunya berkat dampingan tim Pendamping Desa dan Muspika Kecamatan Gunungguruh. Tak hanya itu, dengan adanya bantuan pembangunan untuk pengembangan Wisata yang bersumber dari Kemendesa PDTT, DPMD Provinsi Jawa Barat, DPMD Kabupaten Sukabumi dan P3K Kecamatan Gunungguruh.

Beragam Fasilitas bantuan tersebut berupa Aula Pertemuan, Gazebo wisatawan, Spot Selfie, Sajadah Terbang, Sepeda Terbang, Jembatan Cinta, Rumah Singgah, Mushola dan Toilet, Warung Jajanan, Sarana Bermain Anak dan yang lainnya. Beragam bantuan tersebut yang tentunya berdampak kepuasan para wisatawan Domestik dan Mancanegara serta kesejahteraan masyarakat. (Ungkap, Rasnita)

Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh mewakili Kabupaten Sukabumi dan Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu nominator Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2019. Berdasarkan 4 Program Prioritas Kemndesa PDTT telah ada di Desa Kebonmanggu yakni Wisata Alam Karang Para yang dikelola oleh BUMDESA (Badan Usaha Milik Desa), Sarana Olah Raga, Embung Desa dan PRUKADES. Camat Gunungguruh mengapresiasi dan merasa bangga bahwa ada salah satu desa di wilayah Kecamatan Gunungguruh yang masuk Nominator Lomba Dewa Wisata Nusantara dan optimis menjadi Juara pada Lomba Wisata Tersebut. (Ujar, Erry Erstantyo)

Sajadah Terbang Kadis PMD

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DMPD) Kabupaten Sukabumi H. Tendy sangat apresiasi terhadap Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi. Dengan adanya perkembangan yang signinfikan selama 2 tahun, ditandai dengan adanya penambahan fasilitas-fasilitas, penambahan atraksi-atraksi wisata.

Selain fokus pada perubahan fisik area wisata perlu adanya kesiapan Sumber Daya Manusia, menjadikan kelompok masyarakat yang sadar akan wisata (POKDARWIS). Ia berkomitmen untuk terus mendukung terhadap kemajuan Desa Kebonmanggu dengan memberikan alokasi anggaran untuk pengembangan kedepan.

Sepeda Terbang Wisatawan

Mudah-mudahan Desa Kebonmanggu semakin lengkap fasilitasnya, semakin banyak pula pengunjung yang datang. Para pengunjung pulang membawa kenangan yang indah guna mempromosikan Wisata Alam Karang Para tentunya. Karang para menjadi unggulan dan memotivasi desa-desa yang ada di Kabupaten Sukabumi Khususnya umumnya Desa-desa di Indonesia. (Ujar, H. Tendy)

Tim Pendamping Desa P3MD Kemendesa PDTT telah memaksimalkan pendampingan dan mendorong terhadap desa-desa yang ada diwilayah Kecamatan Gunungguruh. Khususnya Desa Kebonmanggu yang kini mengikuti lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2019, menjadi salah satu prioritas dampingan Tim Pendamping Desa.

Kadis PMD Kab Sukabumi, Camat Gunungguruh, Pendamping Desa dan TPID

Walhasil, kami sangat bersyukur salah satu Desa dampingan bisa menjadi Desa yang berkembang pesat dalam hal pengembangan Desa Wisata dan menjadi percontohan bagi desa-desa lainnya. (Tutup, R. Gusgus Sugara)

Disamping itu, Ketua TPID Kecamatan Gunungguruh Moch. Caesar Maulana mengatakan bahwa pihaknya telah berupaya mendorong desa-desa  untuk senantiasa berinovasi dan melakukan perubahan demi kemajuan Desa-desa yang ada di Kecamatan Gunungguruh.

TPID Kecamatan Gunungguruh memberikan support penuh terhadap Pengembangan Wisata ALam Karang Para Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi. Sehingga kini wisata tersebut menjadi icon baru Desa dan tentunya menjadi kebanggaan bagi masyarakat setempat yang ada di Kecamatan Gunungguruh khususnya. (Pungkas, Caesar)

Facebook Comments
About kebonmanggu 17 Articles
DADAN IRAWAN

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan