BST Kemensos Cair, Warga Desa Kebonmanggu Sedikit Menghela Nafas Lega di Tengah PPKM Darurat

KEBONMANGGU — Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) bulan Lima dan Enam 2021, direalisasikan Kantor Pos Sukabumi bersama Pemerintah Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Sabtu, (24/07/2021).

Kepala Desa (Kades) Kebonmanggu Rasnita D. melalui Puskesos Desa Kebonmanggu Fajri mengatakan, Pemdes dan PT Pos menyalurkan bantuan tersebut dibagi menjadi beberapa sesi untuk menghindari kerumunan di masa Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“ Seperti, Dusun Kebonmanggu Pukul 08.00 WIB – 10.00 WIB, Dusun Cipeundeuy I dan II Pukul 10.00 WIB – 12.00 WIB, Dusun Padaraang dan Pasirmalang Pukul 13.00 WIB sampai selesai. Proses seperti ini kami tempuh, untuk menghindari kerumunan massa sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah,” Ujarnya Sabtu, (24/07).

Ia menjelaskan, selain petugas dari Kantor Pos, untuk kelancaran kegiatan pihaknya melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Babinsa dan Bhabinkamtibmas. ” Selain itu, kami pun dibantu para Kepala Dusun (Kadus) RT, RW, Karangtaruna dan lainya,” jelas Fajri.

Ia menuturkan, selain petugas dari Kantor Pos, untuk kelancaran kegiatan pihaknya melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Babinsa dan Bhabinkamtibmas. “ Kami pun dibantu para Kepala Dusun (Kadus) RT, RW, Karangtaruna dan lainya,” tuturnya.

Ia memaparkan, uang tunai yang di distribusikan langsung oleh Kemensos melalui pihak pos kepada 638 KPM sebesar Rp 600 ribu untuk dua bulan yakni Mei dan Juni 2021. “ Dari total data KPM yang tersalurkan hanya 597 KPM dan tertunda sebanyak 41 KPM. Kemensos berupaya membantu ekonomi masyarakat di masa PPKM Darurat. Dimana saat ini aktivitas masyarakat sangat terbatasi, sehingga untuk menutupi kebutuhan hidup masing-masing pun cukup sulit,” ujarnya.

Ia berharap, bantuan uang tunai itu dipergunakan dengan baik sesuai kebutuhan pokok masing-masing. Selain itu, ia meminta masyarakat tatap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) agar terhindar dari paparan Covid-19. “Semoga pandemi Covid-19 ini cepat berakhir, masyarakat tetap sehat,” pungkasnya.

 

About kebonmanggu 37 Articles
DADAN IRAWAN

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan