Sikapi Angka Stunting, Camat Gunungguruh Gelar Pelantikan FKPM

GUNUNGGURUH — Percepatan penyelesaian dan penanganan stunting, Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Asep Suhenda adakan Pelantikan Forum Kader Pembangunan Manusia (FKPM) untuk bertempat di Obyek Wisata Karang Para Desa Kebonmanggu, Kamis, (09/09/2021).

Kegiatan tersebut turut dihadiri seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Gunungguruh, Babinsa, Babinmas, para KPM, dan unsur lainnya.

Asep mengatakan, Kader Pembangunan Manusia (KPM) terhimpun dari masyarakat desa dan dipilih melalui musyawarah desa untuk membantu pemerintah desa dalam memfasilitasi masyarakat untuk merencanakan, melaksanakan dan mengawasi kegiatan pembangunan sumber daya manusia di desa.

“Secara lebih spesifik, KPM memfasilitasi pelaksanaan integrasi pencegahan dan penurunan stunting di tingkat desa. KPM berasal dari masyarakat sendiri seperti kader Posyandu, guru PAUD, dan kader lainnya yang ada di desa,” kata Asep kepada http://kebonmanggu.desa.id/ Kamis, (09/09).

Menurutnya, pelatikan yang dilakukan merupakan mendelegasikan kewenangan dari Bupati Sukabumi yang bertanggung jawab terhadap urusan pemberdayaan masyarakat dan desa untuk memberikan pembinaan kepada KPM melalui pemerintah desa.

“Tujuanya dari keberadaan KPM adalah untuk memastikan mobilisasi KPM di seluruh desa berjalan dengan baik dan kinerja KPM dapat optimal sesuai dengan tugas dan perannya. Langkah-langkah yang perlu dilakukan agar pembinaan KPM berjalan baik meliputi, Penentuan tugas KPM dalam pelaksanaan integrasi pencegahan dan penurunan stunting di tingkat desa,

Pengidentifikasian ketersediaan sumber daya dan operasional pembiayaan KPM, Pengembangan sistem insentif berbasis peningkatan kinerja KPM, dan Pensinergian kinerja KPM dengan Dinas Layanan (OPD) terkait upaya pencegahan dan penurunan stunting,” paparnya.

Ia berharap, FKPM di Kecamatan Gunungguruh dapat berjalan sesuai terget khusunya dalam mengetaskan masalah stunting di masyarakat. “Dengan sinergitas yang baik maka, kami yakin apa yang kita harapkan bersama dapat tercapai secara maksimal,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua FKPM Kecamatan Gunungguruh Lina Sriherlina mengatakan, pihaknya akan berusaha fokus turut serta menurunkan angka stunting khsusnya di Kecamatan Gunungguruh dan umumnya di Kabupaten Sukabumi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

“Tentunya kami juga mohon dukungan dan bimbingan dari semua pihak terkait agar dapat melaksanakan tugas ini dari mulai pendataan, pemetaan masalah serta apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah stunting ini. Sebab, kami sadar tugas ini tidak mudah tapi kami yakin bila semua pihak dapat bersinergi maka, angka stunting bisa diturunkan. Namun, bila dalam menjalankan tugas nanti kami mengalami kendala kami meminta arahannya karena pengetahuan kami masih jauh dari kata sempurna,” singkatnya.

About kebonmanggu 33 Articles
DADAN IRAWAN

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan