Pemdes Kebonmanggu Kembali Salurkan BLT DD 2022

GUNUNGGURUH — Pemerintah Desa (Pemdes) Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) 2022. Penyaluran tersebut dilaksanakan di Aula Desa Kebonmanggu, Jum’at (15/04/2022).

Dari informasi yang diterima www.sukabumizone.com, penyaluran BLT DD di Desa Kebonmanggu tersebut turut melibatkan Kepala Desa Kebonmanggu, Aparatur Desa Kebonmanggu, dan turut dipantau Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta unsur lainnya.

Kepala Desa Kebonmanggu Rasnita mengatakan, pendistribusian BLT DD dilakukan dengan tetap menerapkan disiplin Protokol Kesehatan (Prokes).

” Hal ini telah menjadi ketentuan wajib sebagai salah satu syarat dalam pendistribusian bantuan dari seluruh pintu bukan hanya BLT DD. Sebab, bantuan ini merupakan bantuan untuk penanggulangan dampak pandemi Covid-19,” kata Rasnita, Jum’at (15/04).

Ia menjelaskan, BLT DD ini disalurkan Pemdes Kebonmanggu kepada 106 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yakni sebesar Rp 900.000,- untuk periode Januari, Februari dan Maret 2022. Ketentuan tersebut diperkuat dengan adanya Peraturan Presiden (Perpres) 104/2021 dimana setiap desa harus menganggarkan 40 persen dari DD 2022 pada penanggulangan dampak adanya pandemi Covid-19.

“ Untuk Desa Kebonmanggu sendiri, penentuan KPM layak ataupun tidak melalui Musdes, serta laporan dari tiap-tiap Ketua RT dan Ketua RW. Selain itu dalam hal ini juga diperkuat lagi oleh Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.222/2020 Tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2022 bahwa, besaran BLT DD ditetapkan sebesar Rp 300.000,- per-KPM untuk bulan pertama sampai dengan bulan ke dua belas 2022,” jelasnya.

Ia berharap, bantuan yang diberikan Pemdes Kebonmanggu ini, bisa membantu para KPM yang terdampak Covid-19.

” Mudah-mudahan BLT DD ini terus berkesinambungan dan semoga pemerintah pusat bisa menganggarkan kembali pembangunan desa khususnya di Desa Kebonmanggu, yang sekarang Dana tersebut dialihkan ke penanggulangan dampak pandemi Covid-19,” pungkasnya. http://sukabumizone.com

About kebonmanggu 67 Articles
DADAN IRAWAN

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan